MERAK – Sejak pukul 04.30 WIB pagi ratusan masyarakat sudah antre untuk menaiki kapal tempur KRI Banjarmasin 592, di Pelabuhan Indah Kiat, Kota Cilegon. Warga yang beruntung mendapatkan kesempatan menaiki kapal tersebut langsung sibuk dengan berbagai macam aktivitas.

Pantauan radarbanten.com dilokasi, Senin (5/10/2015), di atas kapal yang juga mengangkut dua helikopter ini beberapa masyarakat ada yang sibuk selfie atau mengabadikan moment tersebut, baik dengan kamera ponsel maupun kamera digital. Ada yang asyik memakan bekal yang sudah disiapkan sebelum menaiki kapal, ada juga yang melihat sekitar area kapal perang tersebut.

Edi (25), warga Kota Cilegon ini mengaku ini pertama kali dirinya menaiki kapal perang. Karena itu dirinya bersama keluarga mengaku tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini dan mengabadikannya dengan kamera.

“Pertama kali ini mas, saya kesini sama keluarga,” kata Edi saat ditemui setelah berfoto di depan salah satu helikopter tersebut.

Sementara itu, salah satu anggota TNI Pelda Kom M Yusuf mengatakan, kapal ini mengangkut 333 masyarkaat yang berasal dari wilayah sekitar Kota Cilegon dan Merak. “Masyarakat menaiki kapal ini untuk melintasi tempat pelaksanaan upacara dan ikut bergembira saat perayaan HUT TNI,” katanya.

Nanti di kapal ini, lanjut Yusuf, masyarakat akan melihat atraksi penerbangan helikopter. Masyarakat juga akan bergembira sambil melambaikan tangan saat kapal merapat ke tempat utama upacara HUT makanya kita kasih kaos dan bendera Merah Putih,” kata Yusuf.

Untuk mengangkut masyarakat, ada tiga kapal yang disiapkan TNI dengan jalur berbeda-beda. Dari pelabuhan Indah Kiat masyarakat dengan kapal KRI Banjarmasin, Pelabuhan Cigading yakni KRI Banda Aceh, dan dari Pelindo II yakni KRI Surabaya. “Totalnya sekitar 1000-an warga,” ujar Yusuf. (Bayu)