Nih…Tips Lindungi Kulit Bagi Lansia Saat di Tanah Suci

Jamaah haji Indonesia (Dok.JawaPos.com)

LEBIH dari 60 persen para jamaah haji di tanah suci adalah para lanjut usia (lansia). Kementerian Kesehatan menjelaskan kondisi fisik mereka jauh lebih rentan dan berisiko terpapar penyakit. Begitu pula dengan kesehatan kulitnya. Suhu ekstrem lebih dari 45 derajat pasti membuat kulit lansia lebih kering.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Angkatan Darat (RSAD) Denpasar, Bali, Laksmi Duarsa menjelaskan kulit orang tua atau lansia umumnya lebih kering daripada anak muda. Kulit lansia yang cepat kering harus selalu dilindungi dengan pelembab.

“Kulit yang kering tersebut cenderung menjadi gatal, terlebih di Arab Saudi yang hamparan pasirnya lebih banyak daripada di Indonesia,” katanya kepada JawaPos.com, Minggu (6/8).

Untuk itu, kata dia, pelembab harus dipakai setelah terkena air seperti setelah mandi atau wudhu. Oleskan di seluruh tubuh dan diberi lebih pada lutut dan tumit.

“Lebih baik sambil dipijat-pijat supaya pelembab lebih meresap,” jelasnya.

Laksmi menjelaskan pelembab itu dipakai sebelum kulit menjadi kering dan gatal. Selain itu di tanah suci saat mandi, gunakan sabun yang sesuai dengan pH kulit untuk mencegah kulit menjadi kering.

“Karena pada dasarnya kulit tak bisa langsung beradaptasi. Apalagi lansia yang kulitnya jauh lebih kering. Mereka juga harus menambah porsi minum agar kulit terhidrasi,” ungkapnya.
(ika/JPC)