SERANG – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Serang dimulai seiring telah ditandatanganinya Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Ditemui di ruang kerjanya, Selasa (28/04/2015), Komisioner KPU Kabupaten Serang Abiddin Nasar menyatakan, hari ini merupakan awal dimulainya tahapan pilkada. ” Ya, kemarin NPHD sudah ditandatangani oleh Bupati. Sekarang hari pertama pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sampai Kamis (30/04) April,” ujar Abidin.

Abidin mengatakan, pihaknya sudah menyebarkan surat pemberitahuan ke desa-desa terkait dibukanya pendaftaran PPK tersebut.”Adapun untuk seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan dilaksanakan pada 15 Mei mendatang. Untuk kebutuhannya PPK lima orang dan masing-masing PPK tiga orang,” jelas Abidin.

Seleksi tes tulis untuk PPK akan dilaksanakan pada 4 Mei dan tes wawancara pada 5 Mei. “Persyaratannya harus ada rekomendasi dari kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD),” sambungnya.

Terkait anggaran, Abidin mengatakan, anggaran yang baru disetujui Rp21 miliar dari Rp39 miliar yang dianggarkan. “Sisanya kita dorong di anggaran perubahan. Untuk pengalokasiannya 60 persen untuk adhoc dan 40 persen untuk sosialisai,” imbuhnya. (Rahmat)