Pajak Dicabut, Harga Daging Sapi di Pasar Rau Kembali Normal

Daging Sapi
Salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Rau. (Foto: Fauzan Dardiri)
SERANG – Harga daging sapi di Pasar Induk Rau (PIR) kembali normal, yakni Rp100 ribu per kilogram. Ini terjadi, karena pemerintah dikabarkan telah mencabut Peraturan Menteri Keuangan yang mengenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 persen pada setiap kilogram daging sapi impor.
“Terhitung mulai hari ini, harga daging dan sapi kembali normal. Rp100 ribu (per kilogram) harga daging di pasaran, atau harga daging hidup Rp42 ribu (per kilogram),” ungkap Ketua Gabungan Pengusaha Pedagang Daging (Gappenda) Kota Serang, Aeng Khaeruzzaman kepada Radar Banten Online, Sabtu (23/1/2016).
Aeng menjelaskan, informasi yang diterimanya Jum’at (22/1/2016) malam dari Gappenda di Jakarta, mengenai informasi pencabutan PPN 10 persen pada tiap kilogram daging sapi impor yang dilakukan pemotongan pajaknya pada saat di feedloter.
Dari informasi yang dihimpun Radar Banten Online, Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 267/PMK.010/2015 tentang Kriteria dan/atau Rincian Ternak, Bahan Pakan untuk Pembuatan Pakan Ternak dan Pakan Ikan yang atas Impor dan/atau penyerahannya dibebaskan dari pengenaan Pajak Pertambahan Nilai, mulai berlaku 8 Januari 2016.
Namun karena dinilai merugikan petani, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mencabut peraturan tersebut. (Fauzan Dardiri)