MERAK – Panglima Jenderal TNI, Gatot Nurmantyo, segera menepis kabar isu akan adanya kudeta militer terhadap pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ditemui saat tengah memantau langsung kesiapan jajaran prajurit TNI untuk peringatan HUT TNI ke-70 di pelabuhan PT Indah Kiat, Merak, Selasa (29/9/2015) sore.

Ia mengaku pihaknya enggan berkomentar terkait dengan adanya kabar isu kudeta yang beredar di sejumlah media beberapa hari belakangan. “Isu biarin aja, orang mau ngomong apa, Semau-mau dia. (Isu) itu dipikirin, nanti tua kita. Ngapain ditanggapin, orang gila yang cuma nanggapi isu,” ujarnya dengan nada tegas.

Sebagai bukti bila pihaknya tidak menanggapi isu tersebut, lama tidak ada deteksi dini yang dilakukan TNI untuk mengantisipasi itu. “Deteksi dini buat apa? Demokrasi kan bebas bicara. Saya bilang, saya tidak mau menanggapi isu. Terlalu rendah bagi saya,” katanya.

Pantauan radarbanten.com di lokasi, di panggung kehormatan yang terletak di tengah kawasan pelabuhan, Panglima dengan didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono dan sejumlah perwira lainnya memberikan pengarahan langsung kepada ribuan prajurit TNI. (Devi Krisna)