Pantai Bagedur Masih Perlu Penataan

0
231
Pantai Bagedur (Foto: Istimewa)

SERANG- Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan eksotisme Pantai Bagedur di Desa Sukamanah, Kabupaten Lebak, tak perlu diragukan lagi. Garis pantai yang panjang dan tanpa karang, membuat pantai ini menjadi salah satu tujuan destinasi di Selatan Banten. Di akhir pekan, pantai ini selalu dipadati pengunjung.

“Bukan tidak mungkin, dua tahun kedepan Pantai Bagedur menjadi destinasi favorit seperti Pantai Sawarna,” kata Eneng Nurcahyati melalui rilis yang diterima Radar Banten Online, Senin (20/3).

Hanya saja, kata Eneng, secara umum kondisi Pantai Bagedur masih perlu penataan dari berbagai aspek, seperti aspek amenitas (tempat parkir, musala, toilet, warung makan dan lain-lain) dan penerapan sapta pesonanya di antaranya kebersihan, keamanan, kesejukan, keindahan dan keramahan para pengelola serta masyarakatnya. Untuk itulah, pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pengelola Pantai Bagedur yang sudah digagas oleh Dispar Kab. Lebak harus ditindaklanjuti dan dikawal terus.

“Kondisi Bagedur masih perlu banyak penataan. Buat saya Bagedur potensi dan ‘surganya’ Desa Sukamanah,” tambah Eneng.

Dalam acara yang dihadiri Pokdarwis se Kabupaten Lebak dan Pandeglang tersebut Eneng menegaskan, penguatan aspek sumberdaya manusia (SDM) merupakan faktor penting dalam mendongkrak destinasi wisata.
Selain memiliki garis pantai sepanjang 91 KM, Kabupaten Lebak juga kaya dengan potensi lainnya, sebut saja Goa Lalay di Bayah, Wisata Adat Cisungsang, dan perkebunan teh di Cikuya seluas 130 hektar. “Potensi-potensi itu harus dikelola dengan baik, agar sektor pariwisata mampu meningakatkan sumber pendapatan bagi masyarakat,” ujarnya.

Eneng menjelaskan, pengembangan destinasi wisata membawa dampak positif diantaranya bagi pengembangan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang akan memasarkan produk wisata atau buah tangan sebagai souvenir atau oleh-oleh. Hadir pada kegiatan Pokdarwis Bagedur Kadispar Lebak, Kasubid Pengamanan Obyek Wisata Polda, Camat Malingping, Kades Sukamanah dan unsur dari Koramil Malingping, Ketua Balawista Banren dan perwakilan dari BI Banten yang diharapkan dapat melakukan pendampingan terhadap Pokdarwis di Bagedur tidak hanya di Sawarna. (Ade F)