CILEGON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon mulai melakukan tahapan verifikasi faktual terkait dengan ijazah bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon yang akan maju dalam bursa Pilkada Cilegon 2015.

Informasi yang dihimpun radarbanten.com, Ketua KPU Kota Cilegon Fathullah Hasyim dan Ketua Pokja Pencalonan KPU Kota Cilegon Habibi Haliburton, Jumat (31/7/2015) kemarin bertolak ke Cirebon untuk melakukan verifikasi terhadap ijazah bakal calon Walikota Cilegon dari jalur independen, Sudarmana.

“Verifikasi faktual ijazah yang dilakukan itu memastikan bahwa data administrasi milik bakal calon itu sesuai dengan yang diajukan,” ungkap Irfan Alfi, Kepala Divisi Teknis Sosialisasi dan Hubmas KPU Cilegon saat ditemui dikantornya, Sabtu (1/8/2015).

Verifikasi faktual ijazah itu, lanjut Irfan, menjadi bagian tahapan pencalonan yang krusial. “Kita mengantisipasi dan menghindari terjadinya indikasi pada pemalsuan ijazah,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kota Cilegon Achmad Achrom yang ditemui dikantor KPU Cilegon mengatakan, kedatangannya pada saat itu terkait dengan hal yang sama, yakni meminta data ijazah bakal calon ke KPU untuk juga dilakukan verifikasi faktual oleh pihaknya. “Kalau sampai kita temukan pelanggaran, seperti pemalsuan ijazah, pencalonan bakal calon itu bisa dibatalkan. Ini mutlak,” katanya.

(Devi Krisna)