SERANG – Demi meningkatkan rasa nasionalisme dalam diri seluruh masyarakat, Dewan Harian Daerah ’45 (DHD ’45) meminta agar foto pahlawan dan bendera merah putih dipasang di seluruh kelas sekolah dan kantor pemerintah desa.

Ketua Dewan Harian Daerah (DHD ’45) H. Mas Muis Muslich mengatakan, untuk menyampaikan harapannya tersebut, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi yang dihadiri perwakilan pemerintahan di Gedung Juang, Kota Serang, Selasa (22/9/2015). “Saat ini, garuda dalam keadaan sakit. Maksudnya, nilai-nilai kebangsaan saat ini mulai memudar, dan ini perlu disikapi, salah satu caranya dengan ini,” kata Muis.

Menurut Muis, dengan dipasangnya foto tokoh-tokoh pahlawan di sekolah dan kantor pemerintah desa bisa membuat siswa-siswa dan masyarakat bisa mengenal para pahlawan. Setelah itu, diharapkan bisa semangat para pahlawan bisa menular kepada para siswa dan masyarakat. “Bahkan kami mengusulkan, setiap tanggal 17 ada upacara bendera merah putih di masing-masing desa. Tujuannya selain meningkatkan nasionalisme, juga untuk silaturahmi antar masyarakat,” katanya.

“Tadi di rapat ada perwakilan Dindik Kota Serang, mereka mengapresiasi usulan tersebut, kami berharap sikap sama juga dilakukan oleh Dindik selrih kabupaten kota, karena saat ini wawasan kebangsaan masyarakat memprihatinkan, mereka saat ini lebih mengidolakan orang lain seperti artis dibandingkan pahlawan,” pungkasnya. (Bayu)