MERAK – Pada H+5 Pelabuhan Merak sudah mulai terlihat lengang. Tidak seperti hari-hari sebelumnya pemudik memenuhi pelabuhan, baik di tempat pembelian tiket maupun di tempat-tempat yang lain seperti di masjid dan di tempat peristirahatan.

General Manager PT. Angkutan Sungai, Darat dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Yanus Lentanga menjelaskan, mulai lengangnya pelabuhan karena puncak arus balik mudik sudah berlangsung kemarin hari atau H+4. “Benar sekarang pelabuhan sudah mulai lengang, dan tidak ada penumpukan pemudik. Karena tahun ini diprediksi ada dua kali puncak arus balik mudik,” kata Yanus di ruang media centre ASDP, Rabu (22/7/2015).

Menurutnya, puncak arus balik mudik kedua diperkirakan akan berlangsung pada Sabtu depan atau H+8. “Sampai saat ini baru sekitar 42 persen masyarakat yang telah melakukan arus balik mudik. Sedangkan setiap tahunnya jumlah arus balik mudik lebih banyak, maka kami memprediksi akan terjadi puncak arus balik kedua, kalau kemarin H+4 puncak arus balik mudik yang pertama,” ujarnya.

Untuk menyambut arus balik mudik yang kedua, pihaknya telah berkoordinasi dengan semua lembaga terutama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) baik kota maupun provinsi dan kepolisian untuk menjaga keamanan di pelabuhan. “Kami memperkirakan akan terjadi lonjakan pemudik pada Sabtu mendatang,” ungkapnya.

Yanus menambahkan, jumlah penumpang kapal sejak H-7 sampai hari H sebanyak 647.800 dengan kapal yang dioperasikan sebanyak 28 kapal. “Dari data yang ada, maka masih banyak pemudik yang belum melakukan arus balik,” pungkasnya.

Pantauan radarbanten.com, tidak ada penumpukan pemudik baik yang berjalan kaki maupun yang menggunakan roda dua dan mobil pribadi. (Rahmatullah)