CILEGON – Ratusan pengemudi kendaraan yang biasa melawan arus di lintasan Jalan Raya Anyer, Lingkungan Ramanuju Baru, Kelurahan Ramanuju, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, terjaring dalam operasi yang digelar Satlantas Polres Cilegon, Kamis (12/3/2015). Diduga lantaran jarak tempuh diakses lokasi itu lebih dekat menuju mall dan kawasan permukiman, pengendara biasa lebih memilihnya kendati harus melanggar sejumlah rambu larangan masuk yang ada.

“Kita lakukan operasi ini karena masih banyak pengendara yang tidak patuh pada rambu lalu lintas. Padahal di jalan sudah dipasang rambu lalu lintas larangan,” ujar Kanit Turjawali Satlantas Polres Cilegon Iptu Harlem Tampubolon yang ditemui di lokasi.

Kaget dengan adanya barisan polisi di Kawasan Simpang Tiga Cilegon itu, tak ayal membuat pengendara roda dua maupun roda empat dari arah Anyer menuju Cilegon memilih memutar balik arah kendaraannya untuk menghindari operasi. Alhasil, kemacetanpun sempat terjadi. “Kita bukan mencari-cari kesalahan pengendara, tapi karena ini sudah melanggar, maka harus ditindak,” tambahnya.

Ia menerangkan, untuk menekan jumlah pelanggaran rambu lalu lintas itu, pihaknya akan melakukan operasi secara rutin.

Kurniawan, salah seorang warga yang terjebak dalam operasi itu mengaku pasrah dan siap menerima sanksinya. “Kalau lewat sini kan lebih cepat. Soalnya kalau harus mutar lewat ADB dulu terus lewat Sumampir kan kejauhan. Kebetulan kantor saya di Kavling, jadi lewat sini lebih dekat,” ujarnya. (Devi Krisna)