SERANG – Pemkot Serang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang saat ini sedang mengkaji aturan untuk penerapan sidang istimewa dengan menggunakan Bahasa Jawa Serang. “Saat ini kita sedang susun kajian akademisnya,” terang Nursalim, Kabid Kebudayaan Dindikbud Kota Serang, saat ditemui dalam acara lomba cerita dengan Bahasa Jawa Serang di gedung Graha Pena Radar Banten, Jumat (20/3/2015).

Nursalim mengatakan, dengan aturan ini nantinya pelaksanaan rapat paripurna istimewa, misalnya saat HUT Kota Serang akan menggunakan Bahasa Jawa Serang. “Selain menggunakan pakaian khas daerah, sidang istimewa HUT Kota Serang juga memungkinkan untuk menggunakan bahasa daerah, salah satunya Bahasa Jawa Serang,” terang Nursalim.

Terkait lomba, Nursalim mengatakan, lomba ini diikuti sejumlah siswa tingkat SD dan SMP. Dikatakan, lomba ini merupakan bagian dari upaya Pemkot Serang dalam melestarikan Bahasa Jawa Serang. “Mulai tahun ini kita juga sudah memasukkan materi pelajaran Bahasa Jawa Serang sebagai muatan lokal di sekolah dasar,” ujarnya. (QIZINK)