CILEGON – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon, Dana Sujaksani mengungkapkan, untuk mempermudah akses pemudik dari Pelabuhan Merak ke Terminal Terpadu Merak (TTM), pada musim angkutan lebaran 2015 ini, Pemerintah Provinsi Banten melalui Dishubkominfo memberikan bantuan lima unit mini bus.

Bus dengan kapasitas angkut sekitar 30 penumpang itu, dikatakannya akan mulai beroperasi pada H-7 hingga H+7 lebaran.

“Fungsi bus itu akan mengangkut penumpang itu dari terminal (TTM) ke dermaga yang paling jauh, seperti dermaga tiga, empat dan lima. Begitu juga sebaliknya, yang dari pelabuhan dan mau ke terminal juga bisa kita angkut,” ujarnya kepada radarbanten.com, Senin (6/7/2015).

Dana berharap, jumlah bus yang akan beroperasi secara cuma cuma alias gratis itupun dapat membantu pemudik, bila dibandingkan berjalan kaki dengan jarak tempuh yang cukup jauh. “Semuanya gratis, karena provinsi (Dishubkominfo) sudah menganggarkan semuanya. Rencananya, bus itu akan stand by di TTM dan akan beroperasi selama 24 jam,” imbuhnya.

Selain bantuan bus, kata dia, pada musim mudik lebaran 2015 ini pihaknya juga akan menyediakan 50 troli bantuan untuk mengangkut barang barang pemudik. (Devi Krisna)