SERANG – Pemprov Banten hingga kini belum mendelegasikan pejabat untuk masuk dalam Panitia Seleksi (Pansel) Lelang Jabatan Sekretaris KPU Banten. Pasalnya, surat yang dikirimkan KPU Banten kepada Pemprov Banten belum mencantumkan secara spesifik kepangkatan pejabat yang sesuai untuk mengisi posisi pansel.

“Kita sudah terima suratnya dua hari lalu. Tapi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten belum menyiapkan karena KPU belum memberikan kriteria, makanya BKD kesulitan merekomendasikan orang untuk pansel,” ujar Sekda Banten Kurdi Matin, kepada wartawan usai rapat penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemprov Banten, di Aula Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten, Kota Serang, Jumat (6/3/2015).

Kurdi menjelaskan BKD Provinsi Banten kesulitan karena kriteria pejabat yang mengisi pansel tidak tercantum secara spesifik. “Apa eselon II, menjabat apa, pendidikannya atau bagaimana,” katanya.

Pengalaman yang lalu, Pemprov Banten memiliki Peraturan Gubernur (Pergub) yang didasarkan pada Pemen Pan Nomor 14 tahun 2014. “Makanya kami bingung disurati tapi domain yang dipakai Permen Pan 14 atau ferivikasi versi lain yang khusus KPU,” terangnya.

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten sudah menyiapkan pantia seleksi (Pansel) untuk memilih Sekretaris KPU Provinsi Banten definitif. Sebelumnya, Pemprov Banten mendorong KPU Banten agar segera melelang jabatan Sekretaris KPU Banten ini lantaran sebentar lagi akan dilaksanakannya pilkada serentak di enam wilayah kabupaten/kota di Banten.

“Ada lima Pansel. Dari unsur perguruan tinggi dua, dari unsur KPU dua orang, dan dari unsur Pemprov Banten satu,” terang Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Saeful Bahri.

Dari unsur KPU Banten bertindak sebagai Pansel yakni Ketua Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia Enan Nadia, dan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Saeful Bahri. Sementara dari unsur perguruan tinggi yakni Rektor Untirta Prof Soleh Hidayat dan Prof Fauzul Iman. Sedangkan dari unsur Pemprov Banten masih belum terisi karena Pemprov Banten belum mendelegasikan nama. (Wahyudin)