Pemusatan Pelatihan Tim Sepak Bola Banten Mulai Tahun Depan

SERANG – Pemerintah Provinsi Banten makin serius membentuk tim sepak bola Banten, yang disebut-sebut akan diberi nama Banten United. Setelah proses seleksi 25 pemain yang masih berlangsung saat ini, tahun depan Pemprov Banten akan langsung melakukan pemusatan pelatihan pada 25 atlet sepak bola hasil seleksi tersebut.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten Deden Apriandhy menjelaskan, seleksi pemain dilakukan melalui ajang turnamen Piala Gubernur yang sedang berlangsung di lapangan Taman Kopassus, Kota Serang.

Ada 32 tim yang ikut seleksi dalam turnamen tersebut. Melalui turnamen ini, Pemprov Banten akan memilih 25 orang. “Dari satu tim ada dua orang yang bagus kita ambil, dari tim yang lain ada yang bagus juga kita ambil, sehingga ada 25 pemain,” kata Deden setelah menghadiri acara Inspiring Hijab Beauty di aula Kwarda Banten, Selasa (14/11).

Terkait lokasi pemusatan pelatihan, hingga saat ini menurut Deden, pihaknya belum menetapkan satu tempat. Namun sudah ada beberapa pilihan tempat pelatihan, seperti gedung life skill milik Dispora Banten di Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, dan di Badan Pendidikan Pelatihan Provinsi Banten, Pandeglang.

Pemusatan pelatihan tersebut dilakukan untuk menyamakan visi misi 25 pemain tim sepak bola Banten terpilih, dan mempertajam keahlian masing-masing pemain.

Untuk awal, tim sepak bola Banten akan bertanding di liga amatir Indonesia. Selama bertanding di liga tersebut segala kebutuhan akan ditanggung Pemprov Banten. Untuk 2018, Pemprov pun sudah menyiapkan anggaran. Sayangnya, Deden belum mau menyebutkan besar anggarannya.

“Kalau sudah berlaga di liga profesional maka dilepas Pemprov Banten,” katanya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)

BAGIKAN