Penambang Batu Kalimaya Tewas Tenggelam di Dalam Tambang

LEBAK – Penambang batu Kalimaya, Zaenal bin Juhi (29) warga Kampung Cihaseum, Desa Ciuyah, Kecamatan Sajira, tewas tenggelam di dalam tambang yang terletak di Kampung Cimalingping, Desa Pajagan, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak.

“Zaenal tewas saat akan melakukan penyedotan air menggunakan alkon (pompa air), karena kondisi tambang batu Kalimaya itu penuh dengan air,” ucap Madjudin, saksi mata kejadian, Senin (17/7).

Madjudin menjelaskan, tambang tersebut sudah dua tahun tidak dioperasikan dan rencananya akan digunakan kembali oleh Zaenal dan bosnya (yang tidak disebutkan namanya). Kondisi tambang tersebut dipenuhi dengan air dan diperkirakan kedalaman tambang hampir 30 meter.

Sebelum korban meninggal dunia, pada Minggu (16/7) sekitar 20.20 WIB, Zaenal bermaksud untuk mematikan mesin yang sedang melakukan penyedotan tambang sekitar kedalaman 10 meter.

“Diduga kekurangan oksigen, korban langsung terjatuh dan tenggelam ke dalam lokasi tambang,” ujar Madjudin.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Kaprawi mengatakan, timnya sudah dikerahkan ke tempat kejadian untuk membantu mengevakuasi korban.

“Tim Search and Rescue (SAR) sudah berada di lokasi untuk membantu evakuasi korban,” ujarnya. (Omat/twokhe@gmail.com).