SEBAGAI manusia, rasanya wajar bila kita mengalami penat atau kejenuhan. Tapi, jangan lama-lama memelihara rasa jenuh dan penat. Bisa jadi stress. Karier, hubungan, pendidikan dan segala hal dalam hidup bisa jadi berantakan. Coba 10 hal yang bisa menghilangkan jenuh ini, yuk!

1. Berolahraga
“Lakukan olahraga lari, yoga, atau memukul sansak tinju di tempat fitnes,” saran Charles Goodstein, MD, profesor klinis psikiatri di New York University School of Medicine di New York City dan presiden Psychoanalytic Association of New York, seperti yang dilansir everydayhealth.

Olahraga adalah salah satu cara untuk mengendalikan stres. Jalan kakai 20 menit, misalnya bisa membuat mood membaik selama 12 jam ke depan. Intinya lakukan aktivitas fisik yang disukai, bisa menari atau berjoget bebas.

2. Bersosialisasi
Menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga bisa memberi rasa bahagia dan membuat kita merasa lebih rileks.

3. Menulis
Buat jurnal atau buku harian, lalu tuliskan semua hal yang kita rasakan, tumpahkan berbagai macam emosi negatif dalam lembaran kertas tersebut. Maka kita akan lebih mudah mengendalikan stres.

4. Tertawa
Nonton film komedi, bermain dan bercanda dengan orang-orang terdekat bisa menghadirkan tawa yang akan jadi obat terbaik. Tertawa bisa meningkatkan aliran darah dan menjaga kesehatan jantung.

5. Manjakan Diri
Lakukan sesuatu yang paling kita sukai. Manjakan diri selama beberapa saat untuk mengembalikan rasa rileks dan tenang.

6. Hirup Udara Segar
Keluarlah dari ruangan, nikmati udara dan cahaya matahari di ruang terbuka. Maka kita akan merasakan mood yang lebih baik dan lebih rileks.

7. ‘Magic Words’
Alih-alih memenuhi pikiran dengan hal-hal negatif, coba katakan sesuatu yang positif untuk diri kita sendiri. Puji diri kita sendiri. Katakan hal-hal manis untuk diri sendiri.

8. Meditasi
Lakukan meditasi dan teknik pernapasan untuk membuat diri lebih tenang.

9. Bersyukur
Bersyukur ini juga bisa memberi dampak yang sangat positif. Saat bersyukur, kita bisa melihat sisi positif yang baru pada hidup. Kita pun akan lebih mudah mengendalikan amarah atau emosi ketika menghadapi sebuah masalah.

10. Buat Perubahan
Terkadang cara terbaik untuk mengatasi penat dan jenuh adalah mengubah sesuatu dalam keseharian. Bisa dengan mengubah hiasan dinding rumah atau merapikan kembali meja kerja. (rbc/vm)