SERANG – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Serang Akhmad Zubaidillah mengatakan, pada penerimaan siswa baru tahun ajaran 2015-2016 untuk tingkat SMA/SMK di Kota Serang akan semakin ketat.

“Tahun ini peserta UN untuk tingkat SMA Negeri mencapai 3.919 orang. Sementara untuk jumlah siswa SMP di Kota Serang yang mengikuti UN tahun ini mencapai 8.922 siswa. Kalau jumlah peserta UN SMA kita asumsikan kapasitas yg tersedia di SMA, dan peserta UN SMP asumsinya mereka yang akan masuk SMA, tentu ini tidak akan tertampung semua,” ungkap Zubaedillah kepada wartawan usai meninjau pelaksanaan UN di SMP Negeri 1 Kota Serang, Senin (4/5/2015).

“Ini juga kaitannya dengan anggaran Bantuan Operasional Manajemen Mutu (BOMM) SMA tahun ini yang hanya sekitar Rp 30 miliar. Itu kan menentukan jumlah anak SMA yang akan diterima,” sambungnya.

Kendati demikian, Zubaidillah mengaku belum merumuskan sistem PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tahun ajaran 2015-2016.

Zubaidillah menjelaskan, dengan kondisi tersebut, pihaknya akan memprioritaskan untuk masyarakat Kota Serangdalam penerimaan siswa SMA Negeri tahun ini. (Fauzan Dardiri)