PANDEGLANG – Lebaran tinggal menghitung hari, permintaan akan daging kambing tidak kalah meningkat dibandingkan daging sapi. Bahkan, saking banyak permintaan, Kampung Domba Terpadu (KDT) yang terletak di Kampung Cinyurup, Kelurahan Juhut, Kecamatan Karang Tanjung, Kabupaten Pandeglang, sulit untuk memenuhi permintaan pasar.

Kambing di KDT umumnya dijual per ekor karena kelompok ternak di kampung ini lebih banyak menghasilkan domba dari jenis unggulan. Seperti domba komposit Sumatera dan Garut, Barbados Cross, dan domba St. Croix, ketimbang kambing potong.

Kelompok ternak di KDT tidak menampik bila ada penjual daging kambing potong yang ingin membeli pada peternak. “Kita juga di sini menjual kambing potong, biasanya yang beli kayak penjual daging gitu,” kata Ketua Kelompok Ternak KDT Muhammad Utin.

Mendekati hari Lebaran, kelompok ternak di KDT kehabisan stok kambing potong karena sebelumnya ramai pembeli. Harganya yang relatif murah ketimbang domba unggulan yang dimiliki. “Sebenarnya ada lumayan banyak, tapi untuk saat ini stok kambing potong lagi enggak ada. Stok dombanya sih banyak,” kata Utin.

Untuk saat ini, stok domba yang berkisar 260 ekor hanya dijual untuk kebutuhan kurban, akikah, dan sebagainya. “Paling untuk domba yang ada sekarang ini stoknya cukuplah untuk yang aqiqah dan yang lain-lain,” katanya.

Namun, tidak menutup kemungkinan, setelah hari raya nanti KDT akan kembali berternak kambing potong apabila ada yang ingin membeli kambing potong. (RB/evi/skn/dwi)

BAGIKAN