SERANG – Dianggap mengetahui kebutuhan industri, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Serang pada tahun ini menggelar pelatihan keterampilan dan uji kompetensi disesuaikan dengan masukan Balai Besar Latihan Kerja Indonesia (BBLKI) Serang.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini bidang yang dilatih berdasarkan masukan dari BBLKI Serang. BBLKI yang tahu bidang apa yang dibutuhkan industri,” ungkap Kepala Bidang Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kota Serang Elly Muflihah, Jumat (22/1/2016).

Elly menjelaskan, tahun ini bidang yang akan dilakukan pelatihan adalah drafter, las listrik Shielded Metal Arc Welding (SMAW) F1, F2, dan F3, dan PLC. Drafter adalah membuat desain gambar dengan menggunakan komputer. Adapun SMAW dan programmable logic controller (PLC) adalah spesifikasi di bidang las.

“Tiap-tiap bidang pesertanya 20 orang. Karena menurut BBLKI drafter itu bidang yang paling laku karena banyak perusahaan yang minta,” jelasnya.

Sebelum mendapatkan masukan dari BBLKI, kata Elly, pihaknya menyelenggarakan pelatihan di bidang komputer, otomotif, dan las. Ia juga menjelaskan, BBLKI Serang memiliki jaringan ke perusahaan-perusahaan sehingga peserta yang dilatih keterampilan dan lulus sertifikasi dapat langsung disalurkan ke perusahaan yang membutuhkan.

“Pelatihan baru akan diselenggarakan pada tri wulan kedua tahun 2016 atau sekitar Mei. Adapun sasaran program ini adalah para lulusan SMA/ SMK yang ada di Kota Serang. Termasuk penjaringan peserta umum saja, tidak mesti lulusan SMK,” tandasnya. (Fauzan Dardiri)