SERANG – Kepatuhan penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) wajib pajak di Provinsi Banten baru mencapai 55,27 persen, atau sebanyak 652.667 wajib pajak. Padahal total keseluruhan wajib pajak di Banten mencapai 1.188.757 wajib pajak pada 2014.

Rendahnya angka penyampaian SPT orang pribadi dan kesadaran memiliki NPWP ini, berkaitan dengan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kewajiban perpajakan. Hal ini juga terlihat dari masih minimnya kesadaran para PNS dan birokrat yang seharusnya patuh terhadap pajak. Untuk itu, Dirjen Pajak Kantor Wilayah DJP Banten menggalakkan aplikasi pelaporan SPT tahunan PPh orang pribadi melalui e-Filing melalui jaringan internet di alamat djponline.pajak.go.id.

“Kebetulan saya duluan e-Filing. Sangat membantu kita yang sibuk. Artinya ini sangat bagus sekali,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno usai mencoba melakukan registrasi e-Filing pajak pribadi di ruang kerjanya, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten, Curug, Kota Serang, Senin (9/3/2015).

Rano mengakui, pada awal melakukan registrasi, ia merasa kesulitan untuk memasukan data pribadi. “Ya karena pertama ya bahasanya sulit. Tapi di situ sudah ada guiden,” terangnya.

Namun demikian, Rano mengaku e-Filing memudahkan dirinya dan lebih terjaga dari sisi privasi. “Kalau dulu kan bayar pajak bawa-bawa kertas, bawa-bawa map, ke kantor pajak kan. Sebetulnya menyadarkan pajak itu sangat mudah. Dan memang diharapkan membayar pajak,” katanya.

Khusus untuk PNS di lingkungan Pemprov Banten, Rano meminta agar memberikan contoh yang baik dalam kepatuhan membayar pajak. “Tentu seluruh pejabat itu kan warga negara, apalagi pejabat negara kan.
Pejabat publik harus menjadi motor untuk membayar pajak,” katanya.

Kepala Kanwil Ditjen Pajak Banten Muhammad Haniv menyatakan pihaknya menjamin keamanan data perorangan. “Kita punya security yang cukup tinggi. Nggak bisa di-hacker,” tegasnya.

Ia menyebutkan bahwa hingga saat ini wajib pajak di Banten sudah mencapai 28 ribu lebih wajib pajak yang mendaftar online. “Ya mudah-mudahan terus bertambah. Ini sudah prestasi,” katanya.(Wahyudin)