SERANG – Asisten Daerah (Asda) I Kota Serang Kosasih mengatakan, peran serta masyarakat Kota Serang dalam pembangunan harus terus ditingkatkan.

“Terkait dengan peran serta masyarakat, sudah ada dalam mereka (Masyarakat Kota Serang), namun sering sekali dilakukan pada saat sudah terjadi seperti kejadian banjir, biasanya masyarakat akan gotong royong membersihkan lingkungan,” ungkap Kosasih kepada wartawan di sela press tour di Bali bersama Pokja Wartawan Kota Serang, Sabtu (4/3/2015).

Kosasih memberikan contoh, terkait dengan peran serta masyarakat Bali dalam mendukung pemerintahan sebagai daerah pariwisata menunjukkan pembangunan di sana berangkat dari masyarakat dan oleh masyarakat, “Orang Bali senang tinggal di wilayahnya, hal ini dikarenakan daerah wisata didukung oleh masyarakatnya,” jelas Kosasih.

Dikatakan Kosasih, Pemkot Serang tengah mempersiapkan Kota Serang sebagai kota layak anak dan program Keluarga Bersama (KB). “Bisa dilihat, peran sertanya kelembagaan-kelembagaan lokal diberdayakan seperti keamanan oleh Pecalang dan kebersihan oleh peran serta masyarakat. Prinsip orang Bali, alam adalah sumber kehidupan mereka,” kata Kosasih.

Lebih lanjut, Kosasih menjelaskan bahwa untuk meningkatkan partisipasi masyarakat Pemkot Serang melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus melakukan pemberdayaan. “Kita sudah melakukan sinkronisasi program agar setiap SKPD melakukan pemberdayaan masyarakat agar otonomi daerah yang substansinya pemberdayaan ini terus berjalan,” jelasnya. (Fauzan Dardiri)