Perbup Pandeglang: Buang Sampah ke Kali Didenda Rp 1 Juta

Ilustrasi (Solo Pos)

PANDEGLANG – Pemkab Pandeglang mulai Agustus mendatang akan memberlakukan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 48 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Kebersihan.

Dalam aturan tersebut, bagi siapa saja warga yang membuang sampah ke kali akan dijatuhi denda sebesar Rp 1.000.000 per orang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pandeglang Indah Dinarsiani mengaku sedang melakukan sosialisasi pemberlakuan perbup tersebut di sejumlah kecamatan. “Tujuannya agar warga patuh terhadap aturan tersebut sehingga lingkungan menjadi bersih dari sampah,” kata Indah kepada Radar Banten, Senin (17/7).

Indah menjelaskan, sanksi yang diberikan Pemkab sesuai kesalahannya seperti membuang satu botol plastik, gelas plastik sejenisnya, dan sampah plastik lainnya secara sembarangan akan dikenakan sanksi sebesar Rp 100 ribu.

Indah melanjutkan, apabila warga membuang beberapa botol plastik, gelas plastik, dan sejenisnya dengan volume satu kantong plastik, akan dikenakan denda sebesar Rp 250 ribu.

Begitu juga, apabila membuang sampah sembarangan lebih dari satu kantong plastik, akan dikenakan sanksi denda Rp 500 ribu. “Untuk pembuang sampah ke kali, ya itu tadi dendanya Rp 1 juta. Soalnya bisa mengakibatkan pencemaran terhadap air bersih,” katanya seraya mengatakan, penegakan perbup akan dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Dihubungi melalui telepon seluler, Kepala Bidang (Kabid) Penertiban Umum Satpol PP Kabupaten Pandeglang Entong Haromaen berjanji, selaku eksekutor dalam melakukan penertiban akan menjalankan tugas sesuai dengan aturan. “Misalkan, kami akan memanggil warga yang diduga melakukan buang sampah sembarangan ke kali. Adapun sanksi yang diberikan, itu kewenangan Bidang PPU (penegak perundang-undangan),” katanya. (Herman/RBG)