Permudah Informasi, Diskominfo Kota Serang Gagas Tiga Aplikasi

SERANG – Untuk mewujudkan Kota Serang sebagai smart city, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Serang menggagas tiga aplikasi baru. Setelah sebelumnya meluncurkan aplikasi reaksi atas berita warga (Rabeg), kini Diskominfo meluncurkan e-report, sistem informasi digital (Sintal), dan majalah selayang pandang (Masdadang).

Kepala Diskominfo Kota Serang Hamsin menuturkan, ketiga aplikasi itu merupakan hasil inovasi yang dilakukan para apartur Diskominfo. “Selain mempermudah kinerja, aplikasi ini juga sebagai bentuk implementasi dari UU Keterbukaan Informasi Publik,” ujar Hamsin usai sosialisasi aplikasi e-report, Sintal, dan Masdadang di Le Dian Hotel, Kamis (7/12).

Kata dia, aplikasi tersebut merupakan salah satu kontribusi Diskominfo untuk menjadikan Kota Serang sebagai smart city. Selain Rabeg, ketiga aplikasi itu melengkapi percepatan Kota Serang menuju smart city.

Ia berharap, ketiga aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat dan organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkot Serang. “Pekerjaan para pegawai dapat lebih mudah dan transparan dengan e-report. Masyarakat juga dapat mengetahui data dan informasi melalui Sintal maupun Masdadang,” terangnya.

Wakil Walikota Serang Sulhi mengapresiasi inovasi yang dilakukan Diskominfo. Sebagai OPD yang baru berdiri tahun ini, Diskominfo sudah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya untuk menciptakan e-government. Lantaran, saat ini pelayanan kepada masyarakat dituntut serba cepat. “Untuk itu, diperlukan sistem teknologi informasi,” ujarnya.

Kata dia, adanya empat aplikasi yang diciptakan Diskominfo diharapkan bertambah lagi tahun depan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks. Aplikasi yang dikembangkan Diskominfo nanti diharapkan mampu melayani dan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan informasi.

Selain itu, tambah Sulhi, aplikasi itu juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman sumber daya aparatur di bidang teknologi informasi dan komunikasi. “Aparatur pemerintah adalah salah satu pengguna teknologi untuk mempermudah data dan informasi,” tuturnya. (Rostinah/RBG)

BAGIKAN