SERANG – Kota Serang menduduki peringkat ke-6 dari 8 Kabupaten dan Kota se Provinsi Banten dalam rata-rata nilai Ujian Nasional SMP Tahun 2015. Hal ini dikatakan oleh Wardatul Ilmiah Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang, Sabtu (13/6/2015).

“Rendahnya nilai rata-rata hasil ujian tahun ini karena jumlah siswa di Kota Serang yang tergolong sedikit, jika di rata-ratakan akan menghasilkan nilai yang kecil,” kata Wardah.

Kendati demikian lanjut Wardah, pihaknya mengklaim jika nilai yang diperoleh siswa merupakan hasil kejujuran dan tidak ada campur tangan dari pihak sekolah, apalagi dari pihak Dindikbud. “Permasalahannya kan dari sekolah, kalau dari Dinas sudah mengarahkan, membekali. Itu kan tergantung siswanya juga dari setiap sekolah,” jelasnya.

Dengan melihat hasil UN ini, Wardah mengatakan, pihaknya akan segera melakukan evaluasi terhadap hasil tersebut termasuk perihal pelaksanaan bimbingan belajar (bimbel) bagi siswa. “Kita akui ini menjadi tantangan, tetapi ini bisa dibilang sebagai prestasi juga. Karena usia Kota Serang yang baru 8 tahun sudah mendapat peringkat 6. Apalagi jika dibandingkan dengan Kabupaten Serang, mereka masih dibawah kita,” kata Wardah.

Diketahui, jumlah sekolah SMPdiKota Serang yang mengikuti UN ada 70 Sekolah, dengan jumlah siswa mencapai 8.882 siswa. Dari 4 mata pelajaran yang diujiankan nilai rata-rata mata pelajaran Matematika yang paling rendah yakni 39.28. Bahasa Inggris 46.80. Ilmu Pengetahuan Alam 42.98 dan Bahasa Indonesia 64.16. (Fauzan Dardiri)

BAGIKAN