SERANG – Wakil Kepala SMKN 1 Kota Serang Bidang Kurikulum Tuti Suhartuti membenarkan bahwa komputer untuk UN online masih sering mengalami masalah. “Itu dari sananya, kadang-kadang suka logout sendiri. Jadi siswa harus pindah ke komputer lain. Kalau loadingnya lama kan itu karena aplikasi. Ketika uji coba juga ditemukan seperti itu, tetapi hanya 1 atau 2 orang,” ungkap Tuti kepada wartawan, Selasa (14/4/2015)

Tuti menjelaskan, permasalahan yang muncul diakibatkan aplikasi dari pusat yang belum sempurna, bukan disebabkan perangkat komputer. “Kan spesifikasi komputer yang digunakan sudah sesuai standar. Adapun permasalahan yang dihadapi siswa saat mengerjakan soal, UN Online kan baru pertama kali dilaksanakan,” jelas Tuti

Tuti mengatakan, hal ini juga terjadi saat ujicoba beberapa waktu lalu, pihaknya sudah mengetahui gejala yang muncul. Maka dari itu, pihak sekolah menyiapkan lima komputer cadangan setiap ruangannya untuk mengatasi gangguan-gangguan yang timbul.

“Ke depannya, karena ini awal, kita juga awal melaksanakan, jadi masih banyak yang mesti diperbaiki. Kalau sekolah hanya pengguna, tetapi untuk aplikasi kita akan minta ke pusat agar dipastikan kembali,” kata Tuti. (Fauzan Dardiri)

BAGIKAN