SERANG – Pemerintah daerah bersiap melakukan pengalihkelolaan PNPM. Tahun 2014 merupakan tahun terakhir program PNPM yang dibiayai APBN. Ke depannya, daerah akan mengelola sendiri program ini dengan bentuk dan program yang berbeda.

Sekretaris Bappeda Kota Serang Dedi Suryadi membenarkan rencana alih kelola ini. “Informasinya seperti itu. Tahun ini program terakhir. Selanjutnya akan dikelola daerah,” jelasnya kepada wartawan usai acara sosialisasi PNPM perkotaan 2014 menuju alih kelola program ke pemerintah daerah, Rabu (30/4/2014) di Taman Outbond Tembong, Kota Serang.

Mengenai bentuk program setelah pengalihan, Dedi mengatakan, ia belum mengetahui secara jelas kelanjutan bentuk program di daerah. “Kalau nanti sumber pendanaan dari daerah kita siapkan,” jelasnya.

Terkait kesiapan, Dedi mengatakan bahwa akan mempersiapkan pemberdayaan 66 Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM).

Koordinator Program PNPM Kota Serang Gingin Gunanjar melihat akan ada penyesuaian dan persiapan ke depannya. Hambatan yang masih terjadi, katanya, partisipasi keterlibatan perempuan dan masyarakat tidak mampu perlu dilibatkan lebih lanjut.

Sebelumnya, Kota Serang mendapat Rp6,4 miliar dari APBN dan APBD. “Kita optimistis siap alih kelola,” jelasnya.

Askot Infrastruktur PNPM Kota Serang Boby Firmasnyah menyambut baik pelaksanaan sosialisasi. Pengembangan pelaksanaan sosialisasi ini juga diharapkan menjadi persiapan SDM bagi persiapan alih kelola. “Kita berharap BKM dapat mempersiapkan diri untuk program alih kelola ini,” pungkasnya. (WAHYUDIN)