SERANG – Meski masa kampanye terbuka tinggal lima hari lagi yakni 16 Maret 2014, namun belum ada pejabat Pemprov Banten yang mengajukan cuti kampanye. Hal ini disampaikan oleh Komisioner KPU Banten Syaeful Bahri.

“Hingga hari ini belum ada yang melayangkan surat izin. Sebagai pejabat negara, mereka (pegawai pemerintah-red) harus mengajukan izin dan memberitahu kami (KPU-red) bila akan ikut kampanye,” ungkap Syaeful Bahri kepada radarbanten.com, Selasa (11/3/2014).

Ia mengatakan, izin harus dilayangkan ke Mendagri melalui Gubernur Banten. Karena Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah dalam hal ini masih dalam tahanan KPK, pejabat dapat melayangkan surat langsung kepada Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

Selanjutnya, KPU Banten berharap, surat permohonan izin cuti kampanye dilayangkan tiga hari menjelang pelaksanaan kampanye terbuka atau rapat umum. “Tiga hari sebelum rapat umum suratnya sudah ke kami,” harap Syaiful Bahri.

Ketika ditanya kemungkinan pejabat yang tidak melayangkan surat izin cuti kampanye ke KPU Banten, Syaeful Bahri mengatakan bahwa konsekwensinya pejabat yang bersangkutan bisa kena tegur bahkan pidana. (WAHYUDIN)