SERANG – Polda Banten akan mengawal para suporter kesebelasan Persib dan Sriwijaya FC yang akan menonton pertandingan final Piala Presiden pada Minggu, 18 Oktober 2015 mendatang di Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Bahkan sejumlah titik sentral perekonomian pun tak luput dari penjagaan ketat aparat kepolisian dari Polda Banten.

“Kita lakukan pengamanan mulai dari orang nya, sarana angkut, selama perjalanan dan rute yang dilewati. Kita menyiapkan kekuatan untuk mengamankan sentra ekonomi, misalnya rest area, jangan sampai mereka pulang dan berangkat terjadi sesuatu,” kata Waka Polda Banten Kombes Pol Firli, Jum’at (16/10/2015).

Guna melaksanakan tugas tersebut, sebanyak 500 personel gabungan dari Polda Banten akan diterjunkan agar keamanan dan kenyamanan para suporter maupaun masyarakat Banten yang akan menonton final Piala Presiden langsung di Jakarta dapat terjamin selama diperjalanan. “Sekitar ada 500 personel (dari) Polres Cilegon, Polres Serang, Sabhara Polda, Brimob dan lalu lintas, semua kita fungsikan,” terangnya.

Polda Banten pun mengaku telah memetakan kekuatan suporter klub sepakbola Persib maupun Sriwijaya FC dari Banten yang akan berangkat menyaksikan final club kebanggaannya di GBK, Jakarta.

“Kita sudah memaping kekuatan suporter yang ada dari Banten. Khususnya kelompok yang ingin mengikuti pertandingan Persib dengan Sriwijaya FC di Jakarta. Tentu banyak warga kita yang ingin menyaksikan secara langsung, untuk itu kita sudah melakukan rencana pengamanan dan ini kerja sama dengan para pemimpin suporter,” jelasnya.

Pihak Polda Banten menyarankan agar para suporter tidak berangkat ke GBK menggunakan kendaraan bak terbuka maupun kendaraan yang tidak diperuntukkan bagi mengangkut penumpang. “Mereka berangkat menggunakan apa, tentu jika berangkat tanpa tempat duduk tidak kita perbolehkan,” tegasnya.

Beberapa titik sentral yang akan dijaga pihak kepolisian berada di jalan tol Merak-Jakarta dan jalan protokol penghubung antara wilayah hukum Polda Banten dengan Polda Metro Jaya. Di dalam jalan tol sendiri, pihak kepolisian Polda Banten akan menjaga rest area di KM 42, KM 52, dan KM 68.

Perlu diketahui bahwa pengamanan final Piala Presiden pada hari Minggu 18 Oktober 2015 mendatang merupakan tanggung jawab dari tiga Polda, yakni Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, dan Polda Banten. Polda Metro Jaya sendiri akan mengerahkan sebanyak 9.127 personel dan akan difokuskan untuk melakukan pengamanan di sekitar GBK. (Wahyudin)