MERAK – Menjelang arus mudik Lebaran tahun ini, yang diperkirakan akan berlangsung dua hari mendatang, Polisi Daerah (Polda) Banten menggelar apel persiapan di Pelabuhan Merak, Kamis (9/7/2015).

“Apel ini dilakukan bersama lembaga yang lain, seperti dari TNI, Kementerian Perhubungan dan BPBD (badan nasional penanggulangan bencana daerah), untuk memastikan kesiapan mudik Lebaran yang akan berlangsung,” kata Brigjend (Pol) Boy Rafli Amar, Kapolda Banten.

Kapolda menuturkan, kesiapan pengamanan mudik sudah mencapai 100 persen. Pihaknya juga siap menerjunkan personilnya mulai H-7 Lebaran. “Mulai H-7 besok, seluruh personil yang jumlahnya 2.300 sudah siap untuk menempati pos-pos keamanan yang sudah didirikan sejak H-10,” tutur Boy.

Menurutnya, pemudik harus lebih waspada terhadap kejahatan yang bisa terjadi selama mudik berlangsung. “Puncak pengamanan akan berlangsung pada H-3 sampai H-1, dimana diperkirakan puncak arus mudik berlangsung,” ungkapnya.

Sementara itu, Eddi, Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Kementerian Perhubungan, mengimbau agar para pemudik mengecek kendaraan mereka, untuk memastikan keselamatan dalam melakukan perjalanan mudik. “Kami juga menghimbau agar para pemudik sebaiknya menggunakan kendaraan umum dan tidak menggunakan sepeda motor,” tambahnya.

Disoal terkait masih adanya rambu-rambu lalu lintas yang tidak berfungsi, seperti banyak terdapat dijalur mudik yang berada di Kota Cilegon, Eddi mengungkapkan, pihaknya akan memberikan batas waktu untuk perbaikan tersebut. “Untuk perbaikan rambu-rambu yang tidak berfungsi paling lambat tanggal 11 Juli ini. Kami akan mengimbau kepada seluruh Dishub, baik provinsi maupun kabupaten/kota,” pungkasnya. (Rahmatullah)