MERAK – Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak kembali meringkus pelaku pencopetan yang melakukan aksinya pada mobil yang tengah parkir di dalam kapal (cardeck), KMP Virgo 18 saat sandar di dermaga lima Pelabuhan Merak, Selasa (8/9/2015) pagi.

Pelaku sendiri, adalah sopir mobil travel yang mengincar isi kendaraan yang lainnya. “Saya pakai senter buat melihat isi mobil. Kebetulan kaca mobilnya terbuka, saya dapat handphonenya dari dalam dasbor,” ujar Irfan Rizal (37), pelaku kejahatan saat memberikan keterangan kepada polisi.

Dalam aksinya itu, pelaku yang dipenuhi tato di sepanjang tubuhnya ini mengaku berhasil mendapatkan satu unit handphone milik Wawan, yang pada saat itu tengah tertidur pulas di dalam mobilnya. Tanpa disadari, aksi pelaku itu belakangan dipergoki oleh Rudi, rekan Wawan yang segera melaporkannya kepada sekuriti kapal. “(Aksi) ini yang ketiga kali. Rencananya handphone akan saya jual, buat kebutuhan anak istri,” kata warga Kecamatan Kedondong, Kabupaten Pesawaran, Lampung ini.

Mendapati kabar adanya aksi kejahatan itu, polisi pun langsung bersiaga di dermaga lima pelabuhan Merak, untuk meringkus pelaku. “Mendapat laporan dari sekuriti kapal itu, kita langsung lakukan penggeledahan saat kapal itu sandar. Berdasarkan ciri-ciri dari keterangan saksi, kita meringkus pelaku,” kata Kepala KSKP Merak AKP Nana Supriatna.

Polisi berhasil mendapatkan handphone dan senter korek api dari tangan pelaku yang pada saat itu langsung digelandang ke Mapolsek KSKP. “Pelaku akan kita jerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian, dan diancam dengan maksimal lima tahun kurungan penjara,” tandasnya. (Devi Krisna)