Atlet muaythai Cilegon menjalani latihan bersama dengan atlet muaythai Kota Serang dan Kabupaten Serang di halaman Dispora Kota Cilegon, Kamis (10/8).

CILEGON – Pengurus Cabang (Pengcab) Muaythai Indonesia (MI) Cilegon mengusung target tinggi pada perhelatan multi-event terbesar Banten, Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018 di Kabupaten Tangerang. Lima keping medali emas menjadi target tim muaythai Kota Baja di Kabupaten Tangerang nanti.

Agar target tersebut terealisasi, Pengcab MI Cilegon mulai memetakan kekuatan dan melakukan persiapan sedini mungkin. Atlet pilihan dari berbagai kecamatan di Cilegon saat ini mulai digembleng secara intens. Bahkan tidak jarang atlet muaythai Cilegon menggelar latihan bersama dengan atlet kabupaten kota lain sebagai ajang pemanasan.

Ketua Pengcab MI Cilegon Ifan Firmansyah mengatakan, cabang olahraga (cabor) muaythai masih tergolong baru di Cilegon. Ia mengaku masih butuh waktu melakukan sosialisasi untuk memasyarakatkan muaythai di Cilegon.

“Saya yakin potensi atlet sangat banyak, hanya saja kami belum begitu gencar melakukan sosialisasi. Sebagai contoh saja, cabor tinju ketika baru datang ke Cilegon langsung didatangin banyak atlet. Kami yakin cabor muaythai juga akan seperti itu,” kata Irfan kepada awak media ketika ditemui di sela menyaksikan latihan atlet di halaman Dispora Kota Cilegon, Kamis (10/8) sore.

Irfan menambahkan, meski baru terbentuk di Cilegon, pihaknya secara sesumbar berani mengusung target tinggi di porprov nanti. “Meski baru, tapi kami sudah punya atlet. Memang belum banyak, tapi progres peningkatan kualitasnya sangat cepat. Kami mengusung target bukan tanpa rencana, potensi yang kami miliki sangat menjanjikan. Dalam sepekan kami latihan empat kali agar atlet cepat berkembang,” imbuhnya.

Selain latihan, program lainnya untuk mendongkrak prestasi atlet adalah dengan menerjunkan atlet di berbagai kejuaraan sesering mungkin.

“Atlet juga butuh jam terbang dan pengalaman. Kompetisi juga bias membuat mental mereka jadi. Melalui kejuaraan kita juga bisa melihat sejauh mana perkembangan atlet,” tuturnya.

Pelatih Muaythai Cilegon, Verry Yugangga menyatakan, berdasarkan latihan sejauh ini, kelemahan yang masih terlihat adalah teknik. Beberapa teknik atlet dinilai masih belum maksimal.

“Untuk memaksimalkan teknik, rencananya atlet akan diterjunkan untuk mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) Muaythai di Serpong, Kota Tangerang Selatan dalam waktu dekan ini. Selain itu, kami juga akan melihat peluang untuk tampil di event nasional,” ucapnya. (Andre AP/RBG)