Portugal Gagal Menang Kontra Islandia, 1-1

Euro 2016

PRANCIS – Portugal harus puas meraih hasil imbang 1-1 melawan Islandia di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Étienne, Rabu (15/6) dini hari WIB. Unggul lebih dahulu, anak asuh Fernando Santos ini harus kebobolan di babak kedua.

Memulai laga, Portugal di atas kertas lebih dijagokan memang langsung menguasai pertandingan. Dikomandoi Cristiano Ronaldo, Seleccao das Quinas ini mengancam.

Portugal mendapat peluang emas pada menit ke-20. Berawal dari aksinya di sisi kanan pertahanan Islandia, Ronaldo kemudian mengirimkan umpan ke mulut gawang.

Nani menyambut umpan itu dengan sundulan yang sempurna. Namun kiper Hannes Thor Halldorsson berada dalam posisi yang tepat dan mencegah bola masuk ke gawang dengan kakinya.

Gol yang ditunggu-tunggu Portugal akhirnya datang pada menit ke-31. Nani sukses mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan matang dari Andre Gomes untuk menceploskan bola dengan mudah ke gawang Islandia.

Usai berhasil mengubah skor, Portugal terlihat lebih percaya diri mengarungi pertandingan. Beberapa kali peluang kembali diciptakan pasukan Fernando Santos ini.

Contohnya pada menit ke-41, Gomes melancarkan tendangan dari jarak 25 meter namun diblok dua pemain belakang Islandia. Dia kemudian mengambil bola pantulan dan mengoperkannya kepada Moutinho. Akan tetapi, sepakan Moutinho bisa diamankan Hannes Thor Halldorsson.

Skor 1-0 menutup paruh pertama. Memasuki paruh kedua, Portugal kembali mengancam lewat Cristiano Ronaldo pada menit ke-48. Namun sayang sepakannya masih melebar dari gawang Halldorsson.

Asyik menyerang, membuat pertahanan Portugal keropos. Hal ini sukses dimanfaatkan dengan baik oleh pemain Islandia.

Terbukti, selang dua menit kemudian tepatnya pada menit ke-50, Islandia sukses menyamakan kedudukan. Berawal dari pergerakan Johann Berg Gudmundsson, Birkir Bjarnason sukses menceploskan bola ke gawang Rui Patricio dengan tendangan volinya.

Gol tersebut membuat Portugal terbangun. Pada menit ke-61, anak asuh Fernando Santos ini nyaris kembali unggul lewat kaki Andre Gomes. Namun lagi-lagi, Halldorsson menggagalkan usahanya.

Sebelas menit kemudian giliran Nani yang mengancam. Tandukannya hasil umpan dari Guerreiro masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Islandia.

Pelatih Portugal, Fernando Santos mencoba menambah daya gedor dengan memasukkan Ricardo Quaresma pada menit ke-76.

Hasilnya cukup terlihat. Beberapa serangan Cristiano Ronaldo cs mulai hidup. Baru berada di lapangan dua menit, Quaresma sudah memperoleh peluang emas. Namun, tendangan kerasnya membentur kaki pemain bertahan Islandia dan bola bisa ditepis oleh Halldorsson menghasilkan sepak pojok bagi Portugal.

Memasukki 10 menit terakhir, Portugal mendapatkan peluang emas pada menit ke-85. Akan tetapi, lagi-lagi, sundulan Cristiano Ronaldo bisa dihalau oleh Halldorsson.

Semenit kemudian, giliran Islandia yang mengancam melalui Finnbogason. Dia melepaskan tendangan keras tetapi masih bisa ditepis dengan baik oleh Rui Patricio.

Hingga peluit panjang ditiupkan, skor imbang 1-1 tak berubah. Pada laga selanjutnya, Portugal bakal menghadapi Austria 18 Juni 2016, dan Islandia menghadapi Hongaria pada hari yang sama. (ies/JPG)

Susunan Pemain:

Portugal (4-3-1-2): Rui Patricio; Raphael Guerreiro, Ricardo Carvalho, Pepe, Veirinha; Andre Gomes (Eder 85′), Danilo Pereira, Joao Mario (Ricardo Quaresma 76′); Joao Moutinho (Renato Sanches 71); Cristiano Ronaldo, Nani

Islandia ( 4-4-2): Hannes Halldorsson; Birkir Mar Saevarsson, Ragnar Sigurosson, Kari Arnason, Ari Freyr Skulason; Johann Berg Guomundsson (Elmar Bjarnason 90′), Arson Gunnarsson, Runar Mar Sigurjonsson, Theodor Elmar Bjarnason; Jon Daoi Boovarsson, Kolbeinn Sigtorsson (Alfred Finnbogason 81′).