MERAK – Pihak PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) sudah mempersiapkan sejumlah sarana dan prasarana penunjang di kawasan Pelabuhan Merak – Bakauheni untuk pelaksanaan angkutan Lebaran 2015.

Direktur Pelabuhan PT ASDP Prasetyo Bakti Utomo mengungkapkan, pelayananan itu bahkan ditingkatkan untuk penumpang pejalan kaki. “Kami sudah siap menjalankan angkutan lebaran 2015 ini. Selain mempersiapkan gangway dua jalur, kami juga akan menambah sejumlah fasilitas khusus bagi pejalan kaki, seperti troli dan kursi roda,” ujarnya dalam rapat koordinasi Rencana Operasi Angkutan Penyeberangan Lebaraan 2015 Pelabuhan Merak – Bakauheni yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat di ruang rapat PT ASDP, Jumat (22/5/2015).

Penambahan fasilitas itu, terang Prasetyo, akan dibarengi dengan penambahan relawan. “Kita siapkan sekitar 100 orang personel relawan, seperti dari Pramuka dan sebagainya. Mereka akan membantu membawakan koper, troli bagi pejalan kaki, seperti mereka yang sudah jompo,” katanya.

Sementara itu General Manager PT ASDP Cabang Utama Merak Yanus Lentanga menambahkan, peningkatan layanan itu bahkan dipersiapkan pada petugas di pelabuhan. “Kita belajar dari pengalaman yang sudah sudah, biasanya pada saat sahur petugas itu sibuk mencari makan, maka tahun ini kita siapkan makan sahurnya dan akan dihantarkan langsung ke petugas, agar pelayanan itu dapat dimaksimalkan,” ujarnya. (Devi Krisna)