SERANG – Warga Perumahan Puri Angger Serang berhasil menggagalkan aksi pencurian yang berkedok sebagai petugas dari PT PLN, Jumat (3/7/2015). Pelaku yang berjumlah dua orang menyatroni rumah warga dengan berpura-pura mengecek kilometer dan KWH pada kilometer listrik di rumah warga.

Pelaku menjalankan aksinya siang ini sekira pukul 11.00 Wib di salah satu rumah warga Puri Anggrek Serang Blok B-6 Nomor 7 milik Oman. Di sana dua pelaku berpura-pura melihat-lihat kilometer. Ketika pemilik rumah keluar untuk ikut memastikan jalannya pemeriksaan KWH, satu pelaku lain masuk ke dalam rumah.

Tidak mendapati barang-barang berharga yang bisa dicuri, akhirnya pelaku yang menjalankan aksi di dalam keluar dan mencari rumah lain untuk menjadi sasaran kejahatan. “Di rumah pertama enggak bawa apa-apa. Keduanya pindah cari rumah lain kayaknya,” ujar RW 13 Wijayanto kepada wartawan ketika ditemui di lokasi siang ini.

Pindah dari rumah pertama, pelaku kemudian menjalankan aksinya di rumah milik Dede di Blok C-14 Nomor 3. Di sana dua pelaku berlagak mengecek KWH kilometer listrik. “Saya keluar, sudah ada dua orang. Mereka pura-pura dari PLN tapi pakainya baju biasa,” jelas Dede.

Namun demikian, Dede belum merasa curiga dengan keduanya yang sibuk memeriksa kilometer. Tidak berapa lama, satu pelaku masuk rumah dan meninggalkan Dede bersama pelaku lain di depan rumah. “Saya juga aneh kok kenapa satu orang masuk rumah. begitu saya ikut masuk, handphone saya sudah di tangan dia,” katanya.

Mendapati handphone miliknya ada di tangan pelaku, Dede kemudian berusaha mengambil kembali handphone miliknya. “Ini tadi ada panggilan masuk,” kilah pelaku kepada Dede.

Merasa aksinya sudah dicurigai, pelaku bertindak cepat dan berhasil menggasak laptop korban yang berada di kamar. “Saya curiga, masuk kamar ternyata laptop sudah enggak ada. Saya langsung teriak maling,” ujarnya.

Keduanya langsung melarikan diri. Namun naas, satu pelaku berhasil dihadang warga yang akan melaksanakan shalat. Warga yang geram langsung menghajar pelaku beramai-ramai hingga babak belur. Sementara itu, satu pelaku lain berhasil melarikan diri dari kejaran warga.

Hingga berita ini diturunkan, pelaku sudah diamankan petugas Unit I dari Polres Serang.(Wahyudin)