CILEGON – Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi bersama jajaran pejabat Pemkot Cilegon melakukan penanam pohon di ruas pintu masuk Jalan Lingkar Selatan (JLS), Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Jumat (13/3/2015). Walikota menerangkan, berbagai jenis tanaman itu merupakan sumbangan dari tenaga pendidik dan SKPD guna menambah keasrian jalan sepanjang 15,7 kilometer itu.

“Kita tidak menggunakan dana APBD, karena kalau pakai APBD harus ketok palu anggaran dulu dan akan memakan proses waktu cukup lama,” ujarnya.

Sebelumnya, penanaman serupa juga sempat dilakukan di JLS. Namun, lantaran minimnya perawatan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Cilegon, ribuan batang pohon yang merupakan hasil sumbangan dari seluruh SKPD itu mati karena mengalami kekeringan. “Ya harus dirawatlah, kalau tidak dirawat, sia sia. Kalau penanaman dulu itu, ada kesalahan teknis. Yang dulu itu seharusnya pupuknya tidak terlalu banyak, tapi karena kebanyakan pupuk sampai seember, jadi mati tanaman kepanasan,” kilahnya.

Walikota meminta DKP Cilegon untuk benar-benar melakukan perawatan. “Saya minta Dinas Kebersihan dapat menyempurnakan hasil penanaman ini. Kedepan bila perlu kita akan lakukan penanaman sampai ujung JLS, agar JLS lebih indah, dengan melibatkan semua pihak,” katanya. (Devi Krisna)

BAGIKAN