Ramaikan Pasar Motor Adventure, Honda Luncurkan CRF

astra-honda.com

ASTRA Honda Motor (AHM) mulai meramaikan pasar motor adventure dengan mengenalkan Honda CRF.

Sukses menarik perhatian di kelas 250 cc, AHM juga membidik kelas 150 cc yang selama ini dirajai Kawasaki KLX 150.

Kendaraan roda dua bermodel trail sebenarnya bukan hal baru di tanah air.

Jauh sebelum Kawasaki mendominasi dengan KLX, D-Tracker, atau KX Series-nya, berbagai agen pemegang merek kendaraan roda dua pernah mendatangkan motor serupa.

Suzuki salah satu nama yang cukup getol membawa motor trail dan semi-off-road ke tanah air.

Pabrikan asal Jepang itu pernah membawa TS Series ke Indonesia sekitar 1974 sampai 2005.

Suzuki mengenalkan TS 100 bermesin 100 cc hingga TS 125 bermesin 125 cc.

Meski dengan cc kecil, dua varian tersebut mengusung 2-stroke engine yang berarti punya torsi bawah yang melimpah.

Sementara itu, pada era yang sama, Honda juga membawa motor bertipe trail untuk pasar tanah air.

Berbeda dengan Suzuki yang menawarkan mesin dua tak, Honda mengusung XL 125 dan XL 100 dengan mesin empat tak.

Di samping itu, Yamaha ikut meramaikan pasar dengan membawa DT Series dan Kawasaki dengan KE 125.

Di market saat ini, Kawasaki paling konsisten mempertahankan lini produk tipe trail.

”KLX menjadi salah satu backbone penjualan yang penting bagi Kawasaki. Porsi penjualannya bahkan bisa mencapai 60 persen jika melihat capaian tahun 2016,” ujar Head of Marketing PT Kawasaki Motor Indonesia Michael Tjandra Tanadi.

Jika melihat data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) dari Januari sampai September 2017, KLX 150 milik Kawasaki terjual 47.826 unit dari total empat tipe yang terdaftar.

Sementara itu, untuk kubikasi di atasnya, yakni KLX 250, terjual 689 unit.

Segmen trail mulai menghangat saat Astra Honda Motor mengenalkan Honda CRF250 Rally sekitar pertengahan tahun ini.

Motor tersebut semakin menyita perhatian publik karena tidak pernah absen bersanding di jajaran big bike Honda saat ajang-ajang pameran.

Menurut data AISI, Honda CRF250 Rally sudah terjual 835 unit.

”Kami lihat beberapa tahun terakhir tren berkembang. Kalau dulu lebih ke racing, full fairing, motor sport sekarang diferensiasinya melebar. Pada dua atau tiga tahun terakhir, pergerakannya ke arah adventure,” ujar Direktur Marketing PT Astra Honda Motor Thomas Wijaya.

Honda juga tengah membidik segmen pasar motor trail 150 cc yang selama ini pangsanya dinikmati oleh Kawasaki KLX 150 hingga 80 persen.

AHM mulai memberikan sinyal kepada publik dengan memamerkan motor konsep trail 150 cc di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 dan event Honda Bikers Day 2017.

Menanggapi hal tersebut, Thomas belum memberikan kepastian terkait jadwal peluncuran motor yang digadang-gadang sebagai cikal bakal CRF 150 cc tersebut.

”Motor CRF 150 sudah bisa dinikmati akhir tahun dan bisa dipesan juga di diler. Namun, pembukaan inden secara resminya di November mendatang,” ujar Thomas. (agf/c6/sof/JPNN)

BAGIKAN