LEBAK – Setelah sebelumnya disambut dengan kesenian lesung dan disambut riuh ribuan warga, setiba di depan imah gede (rumah adat Desa Cisungsang) Gubernur Banten Rano Karno langsung disambut Kepala Adat Desa Cisungsang, Abah Usep, Minggu (6/9/2015). Pada saat itu Rani dihadiahi ikat kepala berbahan kain batik.

Bukan sekadar dihadiahi, bahkan dalam kesempatan upacara adat itu, Abah Usep langsung mengikatkan ikat kepala tersebut kepada sang gubernur. Setelah mengikatkan ikat kepala kepada Rano, Abah Usep pun memberikan ikat kepala kepada Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, dan Sekda Banten Ranta Suharta.

“Langsung masuk kedalam (imah gede)?” Tanya Rano kepada Abah Usep sambil tersenyum.

Sebelum memasuki pendopo, Abah Usep nampak terlihat bercakap-cakap dengan Rano Karno dan Ranta Suharta. Sesekali obrolan yang singkat dan suara yang sangat pelan tersebut dihiasi tawa oleh Rano, Abah Usep dan Ranta.

Untuk diketahui, hari ini merupakan hari puncak untuk publik perayaan upacara Seren Taun Cisungsang, menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ali Fadilah, rangkaian sudah dimulai sejak hari Senin. Dan kemarin hingga malam tadi, ribuan masyarakat yang telah datang dihibur dengan kesenian tradisional seperti jaipongan dan ubrug, juga dihibur dengan musik modern seperti dangdut dan rege.

“Acara ini adalah bentuk syukur masyarakat atas hasil alam pada panen raya yang sudah berjalan bertahun-tahun secara turuntemurun, hari ini uapacara penempatan padi ke leit (lumbung) dilakukan, untuk cadangan makanan,” kata Ali. (Bayu)

BAGIKAN