Net. ILUSTRASI
Net. ILUSTRASI

SERANG – Setelah pelantikan 10 pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kota Serang, kini giliran pejabat eselon III dan IV yang akan dikenakan rotasi dan mutasi. Namun hingga kini pemerintah Kota Serang belum ada yang menyebutkan berapa jumlah pejabat yang akan terkena rotasi dan mutasi tersebut.

Sekertaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Serang, Farach Richi kepada wartawan, Jumat (22/1/2016) membenarkan bila dalam waktu dekat akan diadakan rotasi dan mutasi bagi pejabat eselon III dan IV.

“Kita tunggu saja, tanggal mainnya. Masih pembahasan di Baperjakat, pembahasannya sejak Desember 2015,” kata Farach.

Farach menjelaskan, rotasi dan mutasi biasanya dilakukan berdasarkan penilaian dari bebagai aspek dalam melaksanakan kinerjanya, dan berdasarkan kepangkatan pegawai.

“Melihat dari berbagai aspek dalam mencapai kinerja, apakah ada temuan atau enggak, yang bersangkutan bermasalah atau tidak,” jelas Farach, namun enggan menyebutkan berapa banyak pegawai yang akan dilantik nanti.

Lebih lanjut Farach menyebutkan, jumlah pegawai yang akan dilantik dan waktu penetapan pelantikan masih tentatif. Ia malah menegaskan tugas eselon III dan IV diibaratkan sebagai striker dan gelandang yang bertugas mencetak gol dalam pertandingan sepakbola. Sedangkan pengambil kebijakan mengatur skema mencetak gol.

“Waktu pelantikannya tidak bisa diburu-buru. Intinya rotasi dan mutasi diberlakukan bagi pegawai struktural dan fungsional,” katanya.

Dari informasi yang dihimpun Radar Banten Online, pelantikan pejabat eselon III dan IV akan dilakukan pada pekan depan atau minggu keempat di awal tahun 2016. Ini dilakukan sesuai dengan keinginan Walikota Serang Yb Haerul Jaman yang menargetkan bulan Februari mendatang seluruh SKPD sudah melakukan lelang, agar serapan anggaran tahun 2016 lebih baik dibandingkan tahun 2015. (Fauzan Dardiri)

BAGIKAN