MERAK – Masyarakat yang mendapat undangan berkesempatan menaiki kapal tempur KRI Banjarmasin rela menginap di sekitar area Pelabuhan Indah Kiat, Kota Cilegon. Dalam HUT TNI ke-70 tahun ini, berdasarkan informasi yang dihimpun radarbanten.com malam ini, masyarakat akan mendapatkan kesempatan merasakan gagahnya kapal tempur milik TNI.

Juwita (30) perempuan asal Wanasari, Kota Cilegon ini mengaku rela menginap di aula Bea Cukai Merak bersama suami dan ketiga anaknya demi merasakan gagahnya dan nuansa kapal tempur.

“Sekali-kali gak apa-apa kita cuma tidur di lantai juga mas, yang penting bisa ngerasain naik kapal, itung-itung sekalian liburan,” kata Juwita, Senin (5/10/2015).

Juwita sendiri mengaku mendapatkan informasi ini dari salah satu anggota TNI Angkatan Laut yang tinggal di daerahnya. Menurut Juwita sekitar 30 tetangga lainnya ikut menaiki kapal ini.

Warga lainnya, Payumi (50), warga Gerem, Kota Cilegon mengaku memboyong enam anggota keluarganya untuk menaiki kapal yang dirancang sebagai kapal pendukung operasi pasukan amfibi ini.

“Tetangga saya ada yang TNI, selain saya, tetangga lain juga banyak yang ikut,” ujarnya.

Payumi mengaku merasa senang dengan adanya kesempatan ini mengingat ini kali pertama pria yang bekerja sebagai wiraswasta ini melihat kapal tempur dan menaikinya.

“Untuk TNI saya harap bisa lebih maju, kuat, dan semangat menjaga negara kita,” katanya.

Untuk diketahui, KRI Banjarmasin merupakan kapal tempur yangmemiliki kemampuan mengangkut pasukan pendarat berikut kendaraan tempur beserta kelengkapannya. Kapal ini juga mampu mengangkut 5 buah helikopter. Selain sebagai kapal tempur, kapal yang berteknologi desain semi-siluman ini juga berfungsi untuk operasi kemanusiaan serta penanggulangan bencana alam. (Bayu)