Ribuan Botol Miras Disita di Cikande dan Kibin

SERANG – Ribuan botol minuman keras (miras) berhasil diamankan oleh Kepolisian Sektor Cikande. Berbagai jenis dan merek miras disita dari dua titik lokasi yang berbeda di Kecamatan Cikande dan Kibin, Kabupaten Serang. Adapun satu titik ditemukan sebanyak 2.280 botol dan titik lainnya sebanyak 93 botol.

Kapolsek Cikande Kompol Hasan Khan mengatakan pada imbangan razia penyakit masyarakat (pekat) kali ini, pihaknya akan terus memantau beberapa titik lainnya yang belum terkena razia. Pasalnya, masih ada lima sampai enam titik yang belum dilakukan penyitaan.

“Kami pantau terus. Mungkin saat ini mereka cooling down. Kami siap, meskipun bukan razia, bila ada laporan dari masyarakat, kami akan tindak,” kata dia usai konferensi pers Imbangan Razia Pekat Kalimaya 2017, di Kantor Polsek Cikande, Kabupaten Serang, Rabu (6/12).

Jenis miras yang berhasil disita oleh Polsek Cikande adalah berbagai merek bir, anggur kolesom, anggur putih, anggur merah, jamu intisari, hingga vodka.

“Jenis paling berbahaya itu oplosan dan mansion house, selama ini rawan dikonsumsi generasi muda dan masyarakat banyak.”

“Informasi dari masyarakat kemudian dikembangkan oleh kepolisian, agar kami bisa menindak dengan barang bukti yang jelas,” tuturnya lagi.

Adapun sanksi bagi pengedar miras sudah diserahkan ke pengadilan dan akan dilakukan sidang. “Tentu dengan menunggu putusan hakim,” kata Hasan.

“Apakah gunakan pasal lain misal UU Kesehatan, Industri. Kami berkoordinasi dengan rekan kejaksaan pengadilan yang melakukan langkah secara hukum dengan alat bukti yang cukup,” ucapnya.

Peredaran miras memang sangat mengancam generasi muda. Untuk itu, Hasan mengimbau untuk mengeliminir miras, masyarakat dari tingkat bawah seperti Rt dan Rw harus menolak adanya peredaran miras di wilayahnya.

“Saya jamin dari anggota kepolisian dan TNI tidak akan membiarkan begitu saja. Kami akan terus berupaya memberantas penyakit masyarakat,” tukasnya.

Sekretaris Camat Kibin mendukung program yang dilakukan kepolisian, khususnya Polsek Cikande. “Kami menunggu laporan masyarakat. Kami akan lanjutkan ke Polsek. Dan Polsek akan menangani. Kami juga selalu memberi imbauan melalui pengajian-pengajian,” ucapnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com)

BAGIKAN