SERANG – Petugas dari Polres Lebak telah mengamankan oknum warga Desa Cikumpang, Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, Minggu (6/9/2015). Mereka diciduk petugas karena diduga terlibat dalam aksi aksi menghadang rombongan Gubernur Banten Rano Karno dengan sejumlah pejabat Provinsi Banten di antara daerah Cisiih dan Cimampang, Kabupaten Lebak, kemarin (5/9/2015).

Selain mencegat rombongan Gubernur Banten, wakga juga dilempar batu oleh oknum sekelompok warga hingga mengalami kerusakan tepat di Desa Cikumpang, Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak.

Kabis Humas Polda Banten AKBP Ermayadi saat dihubungi radarbanten.com, Minggu (6/9/2015) membenarkan informasi pencidukan warga tersebut. Pihaknya telah berkoordinasi langsung dengan polsek-polsek terdekat untuk mengidentifikasi warga yang terlibat dalam aksi perusakkan.

“Kita sudah terjunkan pasukkan dari Polsek (Panggarangan) terdekat. Polres Lebak langsung berkoordinasi dengan polsek-polsek setempat agar lebih mudah melakukan tindakkan,” ujar Ermayadi, Minggu (6/9/2015).

Terkait aksi warga tersebut, Ermayadi menduga bahwa warga telah merencanakan aksi tersebut karena mengetahui rombongan Gubernur Banten akan melintasi jalan tersebut. “Kayaknya memang sudah direncanakan,” jelasnya.

Mengenai jumlah oknum yang sudah diciduk oleh Polres Lebak, Ermayadi belum mengetahui secara pasti. “Kalau jumlahnya belum dapat informasi selanjutnya. Yang pasti sudah ada yang diamankan,” tegasnya.

Untuk diketahui, sekumpulan warga menghalangi iring-iringan Gubernur Banten yang hendak menghadiri aara Seren Taun di Cisungsang. Aksi warga tersebut dilakukan sekitar pada pukul 17.30 WIB.

Dari pantauan radarbanten.con sejumlah warga berteriak mengenai rusaknya jalan akibat banyak mobil yang melebihi tonase melintas jalan tersebut. Meluapkan kekesalan, warga bahkan menginjak-injak kendaraan Dishubkominfo.

(Wahyudin)