Barcelona akhirnya mengangkat trofi La Liga musim ini. Usai bermain imbang 2-2 dalam laga pamungkas dengan Deportivo La Coruna di Camp Nou, Minggu (24/5/2015) dini hari, Raksasa Catalan itu menggelar pesta di kandangnya.

Tuan rumah unggul lebih dulu lewat dua gol Lionel Messi. Depor kemudian berhasil menyamakan lewat gol Lucas Perez dan Diogo Salomao.

Laga tersebut sekaligus menjadi pertandingan terakhir buat ‘Sang Jenderal’ Xavi Hernandez di Barcelona. Xavi mengakhiri kariernya di Camp Nou setelah 24 tahun bersama. Pemain yang sudah mencatatkan 826 penampilan dengan seragam Blaugrana ini akan bergabung dengan klub Qatar, Al Saad mulai musim depan.

Dengan hasil laga itu, membuat poin Barca menjadi 94. Sementara buat Depor tambahan satu poin, ditambah hasil-hasil di laga lainnya, membuat Depor berhasil memastikan aman di La Liga dengan finis di posisi 16 dengan 35 poin

La Liga sendiri telah berakhir. Barcelona menjadi juara, diikuti Real Madrid di tempat kedua dan Atletico Madrid di posisi ketiga. Tiga besar tersebut lolos otomatis ke Liga Champions. Sementara Valencia secara dramatis memastikan tempat keempat (tiket zona play off Liga Champions) di pekan terakhir.

Sevilla tetap berada di zona otomatis Liga Europa. Sementara Athletic de Bilbao akan bergabung dengan Villarreal di kualifikasi Liga Europa.

Di zona degradasi, Eibar, Almeria dan Cordoba tak terselamatkan. Mereka harus turun kasta ke Divisi Segunda musim depan. (adk/jpnn)