CILEGON – Alutsista milik TNI dijadwalkan berdatangan ke Kota Cilegon mulai Senin (21/9/2015) malam ini. Puncak peringatan HUT TNI ke-70, rencananya dipusatkan di Pelabuhan PT Indah Kiat, 5 Oktober mendatang.

Dandim 0623 Cilegon, Letkol Inf Aji Mimbarno, ditemui saat meninjau komplek pergudangan CM 1 milik PT KIEC di Jalan Jenderal Sudirman yang akan dijadikan sebagai barak- barak prajurit TNI mengatakan, kedatangan alutsista milik TNI AD itu akan terus berlangsung selama lima hari berturut-turut.

“Mulai malam ini, alutsista akan datang dari Yonkav 1 dan Kostrad 1 Cijantung, Jakarta. Terdiri dari tiga unit tank leopard dan dua tank scorpion dan enam unit transporter berikut 32 orang personel. Pengiriman alutsista ini hingga tanggal 24 September nanti. Lalu sisanya pada tanggal 25, akan datang lagi empat tank marder dan tujuh tank scorpion,” ungkapnya.

Ia mengatakan, waktu pengiriman alutsista dilakukan pada malam hari demi menghindari padatnya lalu lintas jalan raya. Seraya menunggu kedatangan alutsista dan prajurit TNI, saat ini pihaknya juga sudah mempersiapkan barak-barak penginapan prajurit di tujuh titik lokasi. Salah satunya yakni di empat gudang CM 1 milik PT KIEC berukuran masing-masing 100 X 24 meter yang mampu menampung sekitar 2.570 prajurit TNI.

Gudang-gudang itu selama ini digunakan sebagai tempat penyimpanan jagung, bungkil, kedelai dan sejenisnya. “Di setiap hanggar mampu menampung antara 700 hingga 750 prajurit. Kita siapkan veltbad atau tempat tidur lapangan, dengan fasilitas MCK, tempat ibadah hingga kantin dan dispenser,” bebernya. (Devi Krisna)