JAKARTA – PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN) menggandeng PT Telkomsel untuk pemasaran awal produk terbarunya, Galaxy S5. Kedua pihak berkepentingan untuk meningkatkan penetrasi dan penguasaan pangsa pasar ponsel pintar (smartphone) di Indonesia.

SEIN secara resmi memerkenalkan produk andalan terbarunya di segmen smartphone premium yaitu Samsung Galaxy S5, di Jakarta, Rabu (19/3/2014). Meski begitu, penjualan secara umum baru dilakukan pada 22 Maret 2014.

“Kecuali untuk pelanggan Telkomsel terpilih bisa pre order secara online mulai hari ini (kemarin) sehingga bisa lebih awal empat hari dibandingkan yang lainnya. Kami memang memilih Telkomsel sebagai mitra strategis untuk strategi penjualan awal kami,” kata Senior Product Marketing Manager SEIN Febri Rusli seperti diberitakan jpnn.com hari ini.

Pada dalam presentasi perdana Galaxy S5 yang dilengkapi berbagai fitur outdoor karena tahan air dan memiliki banyak fitur untuk menunjang aktivitas luar ruangan, Febri menyatakan, strategi marketing SEIN untuk Galaxy S5 yang lebih menekankan metode pre order secara online ini, didukung 12 bank dan tiga partner eksklusif yaitu AXA Mandiri, Fitness First, dan Garuda Indonesia.

“Yang pre order tahap awal konsumen bebas memilih pesananannya mau dikirim ke gerai Samsung yang ada di mana. Kita punya 130 gerai di seluruh Indonesia. Atau ke gerai Grapari Telkomsel yang mana, ada 46 Grapari di Indonesia,” terusnya.

Febri mengatakan sampai dengan akhir Desember 2013 SEIN masih memimpin pasar smartphone di Indonesia sebesar 49 persen dari sisi nilai penjualan. “Kalau untuk Smartphone yang harga Rp 6 juta ke atas kita malah absolute memimpin di atas 60 persen. Kita harap bisa melakukan penjualan Galaxy S5 sebanyak-banyaknya,” harapnya.

GM Post Paid Device and Broadband Telkomsel Dani Arthanta, menyambut baik kemitraan strategis dengan SEIN karena bisa memberikan layanan khusus (privilege) bagi pelanggan kartu Halo dan Simpati terpilih untuk berkesempatan mendapatkan Galaxy S5 lebih awal. “Kita alokasikan untuk 740 pelanggan di empat hari sebelum penjualan umum dilakukan ini,” ucapnya.

Kerjasama dengan SEIN juga akan dimaksimalkan Telkomsel untuk meningkatkan penetrasi pengguna smartphone terutama dari para pengguna kartu Telkomsel. “Pertumbuhan pasar Android memang paling cepat dibandingkan smartphone lainnya,” kata Dani.

Telkomsel menargetkan tambahan 11 juta pelanggan smartphone pada tahun 2014. Saat ini pelanggan ponsel pintar berbasis anak usaha Telkom ini sebanyak 40 juta pelanggan dan sekitar tujuh sampai delapan juta di antaranya merupakan pengguna Android. “Penetrasi kita untuk pelanggan smartphone masih 20 persen dari total pelanggan kita,” imbuhnya.(jpnn)

BAGIKAN