SERANG – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Banten Komari mengungkapkan bahwa pihaknya sudah siap membantu mengamankan jalannya pelaksanaan pemilu pada 2014. Penegasan ini disampaikan Komari sesuai gelar pasukan dalam rangka HUT ke-64 Satpol PP dan HUT ke-52 Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Alun-alun Barat, Kota Serang, Kamis (6/3/2014).

“Kami punya semangat serta komitmen mengawal pemilu damai dan aman pada 9 April 2014,” ungkap Komari.

Ia menuturkan, kesiapan Satpol PP dan Linmas se-Provinsi Banten dibuktikan dengan telah diadakannya simulasi pengamanan pemilu. Pihaknya juga melibatkan kelompok masyarakat untuk memberikan jaminan kepada masyarakat secara luas untuk bisa memberikan hak suara pada pemilu mendatang. “Kita melibatkan unsur semua lapisan masyarakat untuk menjaga keamanan pemilu,” tuturnya.

Pada gelar pasukan, dihadiri sekitar 3.000 personel dari unsur Satpol PP, Satuan Limas, TNI, Polri, Resimen Mahasiswa, dan masyarakat. Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Gubernur Banten Rano Karno. Turut hadir sebagai undangan dari Polda Banten, Polda Metro Jaya, Korem 064/Maulana Yusuf, Korem 052/Wijayakrama, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Usai gelar pasukan, Satpol PP Provinsi Banten mengadakan sarasehan di aula Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B), Kecamatan Curug, Kota Serang. (Fauzan Dardiri)