SERANG – Kepala Seksi Produksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian (Distan) Kota Serang Jojo Nurdiah mengatakan, seluas 86 hektar sawah di Kota Serang terserang hama selama periode masa tanam pertama tahun 2015 ini.

“Jumlah lahan yang terkena hampir sekitar 86 hektar, diantaranya 23 hektar terkena hama wereng, 1 hektar walangsangit, 14 hektar Tikus, 25 hektar penggerek batang, dan 23 hektar hama putih palsu 23 hektar,” ungkap Jojo kepada wartawan, Senin (6/4/2015).

Dari enam Kecamatan yang ada, lanjut Jojo, daerah yang paling banyak terserang hama yakni Kecamatan Kasemen yang mencapai 14 hektar. “Yang kena serangan hama bukan satu blok, hanya beberapa spot saja. Hal ini diakibatkan dari anomali cuaca, cuacanya kadang panas, kadang hujan. Siklusnya tidak menentu,” kata Jojo.

Kendati demikian, Jojo mengklaim, kondisi tersebut tidak berpengaruh terhadap kualitas padi hasil panen. Malah, ia menjelaskan, hasil produksi padi kali ini dianggap memiliki kualitas lebih baik. “Untuk sekarang, Alhamdulillah ya. Walaupun kemarin ada sedikit serangan hama, namun tidak terpengaruh, karena sudah teratasi,” tuturnya.

Jojo menjelaskan, dari luas tanam pada tahun ini yang seluas 15.525 hektar, pihaknya menargetkan panen seluas 14.988 hektar, dengan produksi mencapai 86.141 ton. (Fauzan Dardiri)