Sebelum Berangkat, Calhaj Lebak Divaksin Meningitis

LEBAK – Sebanyak 677 calon haji (calhaj) Kabupaten Lebak divaksin meningitis sebelum berangkat menunaikan ibadah haji. Tujuan vaksinasi tersebut agar jemaah haji tidak tertular oleh penyakit berbahaya saat berada di Tanah Suci, karena penyakit ini tersebar di Timur Tengah. Penyuntikan vaksinasi ini dilakukan di RSUD Dr. Adjidarmo Lebak, Selasa (18/7).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Lebak Firman Rachmatullah mengatakan, salah satu cara untuk mencegah penyakit selama beribadah haji yaitu calhaj harus diberikan vaksin meningitis. Meningitis adalah penyakit yang menyerang lapisan di sekitar otak dan sumsung tulang belakang.

“Calon jemaah haji harus mempersiapkan diri, khususnya dari segi kesehatan agar niat ibadahnya tidak terganggu terutama oleh penyakit,” ujarnya.

Firman menjelaskan, penyuntikan vaksinasi untuk calhaj dilaksanakan dua hari dimulai tanggal 18-19 Juli 2017.

Titin Suhartini, calhaj asal Bayah mengatakan, sudah melakukan suntik vaksin meningitis dan vaksin influenza karena untuk menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh selama melakukan ibadah haji.

“Suntik meningitisnya gratis, tapi saya sekalian dengan vaksin influenza yang harganya Rp 150 ribu, karena vaksin influenza di luar kewenangan Kementerian Agama,” ujarnya. (Omat/twokhe@gmail.com).