JAKARTA – Ketua DPR RI Setya Novanto terlihat membela Fahri Hamzah yang pernah menyebut anggota DPR beloon. Menurut Setnov, sapaan karibnya, Fahri tidak mungkin melontarkan kalimat itu.

Setnov merujuk pada sikap keseharian politikus Partai Keadilan Sejahtera itu. Waketum Golkar versi Aburizal Bakrie itu mengaku mengenal Fahri sebagai figur yang konsisten membela tugas-tugas dan kewenangan dewan sebagai institusi perwakilan rakyat.

“Kalau didengar secara keseluruhan pernyataan Fahri tentang rada-rada itu, jelas sekali maknanya tidak menghina siapa dan lembaga manapun. Selama ini justru Fahri yang saya kenal sangat menghormati teman-teman anggota DPR dan sangat konsen terhadap lembaga DPR,” kata Setya di Jakarta, Minggu (23/8).

Dia menambahkan, pernyataan Fahri merupakan cara gar parlemen lebih modern. Nah, hal itu membutuhka berbagai fasilitas untuk anggota. Mulai dari tenaga ahli hingga ruang yang memadai.

“Jadi jangan salah paham. Itu cara Fahri mencoba menjelaskan bahwa setiap anggota dewan dembutuhkan dukungan untuk menunjang kinerjanya. Bukan hanya pimpinan Dewan yang boleh memiliki staf mencukupi, tapi juga anggota DPR. Sekarang ada 5 staf bagi setiap anggota, ini yang sedang kami pikirkan mau ditempatkan di mana mereka,” tegas Setnov. (fas/jpnn)