Berikut ini sedkitnya benda-benda paling beracun yang tersembunyi di tas para wanita, seperti dilansir Prevention :

1. Smartphone
Smartphone memang tidak berhubungan langsung dengan suatu penyakit. Tapi The International Agency for Research on Cancer mengatakan bahwa aktivitas eletromagnetik dari ponsel bisa bersifat karsinogen bagi manusia. Dalam percobaan in-vitro di Gazi University, Turki, paparan radiasi gelombang mikro di ponsel bisa membuat sel kanker payudara empat kali tumbuh lebih cepat dan mematikan sperma tiga kali lebih cepat.

2. Hand sanitizer
Menggunakan hand sanitizer memang membuat tangan bersih. Tapi secara tidak sadar, terlalu banyak menggosok benzalkonium klorida, bahan aktif di hand sanitizer bisa mengakibatkan asma pada orang sehat karena zat itu adalah senyawa asthmogen. Untuk menghindari benzalkonium klorida, carilah hand sanitizer bebas alkohol, pewarna sintetis dan aroma. Sebab, kebanyakan pewarna dan aroma bisa memicu alergi di kulit.

3. Lip balm
Ada beberapa lip balm yang mengandung parabens yang dikenal sebagai pengacau hormon dan jika terkontaminasi dengan hidrokarbon bisa merusak sitem saraf. Selain itu, kadang ada kandungan retinol palmitat yang bisa menghasilkan senyawa berpotensi karsogenik jika terpapar cahaya. Sebaiknya, carilah lip balm yang bebas parabens, minyak bumi, retinol palmitat, wewangian sintetis, dan tabir surya kimia. Pilih saja lip balm dengan avobenzone serta gunakan tabir surya fisik yang bisa menangkal radikal bebas dari UVA dan UVB.

4. Struk belanja
Struk belanjaan berupa kertas dengan tekstur mengkilap merupakan salah satu sumber dari Bisphenol A (BPA). Zat tersebut bisa diserap melalui kulit dan akan banyak dosis yang terserap jika anda menyentuhnya dengan jari, yang dapat mengakibatkan resiko obesitas, diabetes, kanker, dan infertilitas mengingat BPA bisa mengganggu endokrin dan mengacaukan sistem metabolisme serta hormonal.

5. Botol air minum
Banyak orang tidak sadar tetap menggunakan botol air minum plastik berulang-ulang meskipun belum tentu bahan plastik yang digunakan berbahaya karena bisa saja mengandung BPA. Lebih baik anda mulai hindari penggunaan botol plastik dan pilih botol kaca atau aluminium yang memang bisa anda gunakan berkali-kali. Apalagi air dalam botol plastik yang terpapar sinar matahari juga berbahaya bagi tubuh.

6. Parfum
Beberapa bahan pembuat parfum bisa berbahaya bagi kesehatan misalnya dnegan menimbulkan alergi. Contoh lain adalah phthalates yang diketahui bisa melemahkan androgen pada pria yang berkaitan dengan infertilitas dan cacat lahir pada janin. Di mana janin tersebut sudah terpapar phthalates sejak di dalam kandungan. Ada baiknya jika anda memilih parfum yang memang terbuat dari ekstrak bahan-bahan alam meskipun beberapa bahan kimia dalam pembuatan parfum sulit dihindari misalnya alkohol. (jpnn/rbc)