Sekda Ingin Transaksi Pajak di Samsat Bisa Lewat ATM dan SMS

Sekda Banten Ranta Soeharta
Sekda Banten Ranta Soeharta

SERANG – Demi mempermudah pelayanan pajak kendaraan bermotor di Samsat, Sekretaris Daerah Provinsi Banten menginginkan UPT Samsat di Provinsi Banten membuat program e-samsat. Dengan program ini, masyarakat bisa melakukan transaksi pajak melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan SMS.

Menurut Ranta, melihat perkembangan teknologi lalu lintas keuangan yang saat ini semakin modern dan menyuguhkan kemudahan, membuat Samsat harus lebih kreatif dalam melakuan upaya pemungutan pajak kendaraan tersebut.

Selain melalui ATM dan SMS, Ranta pun mengusulkan adanya samsat bermotor (samtor), samsat kalong (samsat kalong) atau petugas pemungut pajak yang keluar pada malam hari.

Contoh Samsat yang sudah melakukan program Samlong adalah Kota Cilegon. “Mungkin nanti di Cikande bisa menyusul dana disesuaikan dengan kondisi wilayah. Intinya banyak yang harus kita lakukan bagaimana caranya bayar pajak bisa terus menerus,” ujar Ranta, Rabu (15/6).

Ranta pun meminta agar Samsat yang tersebar di Banten agar menggali potensi pajak baru. Sehingga tidak hanya mengandalkan dari pembayaran pajak kendaraan.

“Bagaimana DPPKD melalui samsat bisa lebih baik, saya sudah perintahkan kepada Kepala DPPKD untuk membuat konsep dan terobosan. Mudah-mudahan kepala UPT juga bisa lebih memaksimalkan perannya dan mendayagunakan pegawainya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan (DPKKD) Provinsi Banten Nandy Mulya menambahkan, seiring dengan rekomendasi dari KPK, BPK dan BPKP, pihaknya akan terus mengupayakan optimalisasi penerimaan pajak kendaraan melalui program intensifikasi pajak daerah dalama rencana aksi yang tentunya dapat berjalan efektif dengan dukungan dari Kepolisian, Jasa Raharja dan sektor perbankan.

“Ada beberapa program yang akan kita lakukan untuk meningkatkan penerimaan pajak, salah satunya adalah penagihan pajak kendaraan secara aktif melalui modal penagihan mobil samsat keliling, motor samsat keliling, samsat drive thru dan door to door,” ujarnya. (Bayu)